CARA MERAWAT PERHIASAN PERAK


Koleksi perhiasan apapun jika dirawat dengan baik maka akan menambah kesan indah pada perhiasan itu sendiri. Perak, adalah salah satu bahan perhiasan yang sekarang sangat diminati masyarakat, karena harganya yang terjangkau dan design yang sangat beragam. Mulai dari anting, giwang, gelang, kalung dan cincin.

Dengan perawatan yang tepat, perhiasan pun dapat bertahan lama.

Tetapi bagaimana cara merawat perhiasan perak dengan aman di rumah?

Kami di sini untuk membantu dengan tips-tips bagaimana cara membatasi noda dan oksidasi serta cara membersihkan perhiasan sehingga perhiasan menjadi seperti baru.

BAGAIMANA CARA MENCEGAH PERHIASAN BERUBAH WARNA?

Sebelum anda membawa perhiasan ke pengerajin untuk dibersihkan, ada beberapa cara yang mudah untuk mencegah supaya perhiasan perak anda berubah warna. Itu berarti akan mengurangi frekuensi pembersihan secara besar-besaran.

Salah satu pertanyaan yang sering kita dengar tentang perhiasan perak yaitu apakah cincin perak bisa meninggalkan bekas warna hijau pada jari tangan?

Jawabannya adalah TIDAK SEMUA perhiasan perak meninggalkan bekas warna hijau pada jari atau tangan atau leher kita tempat perhiasan perak menempel.

Ada beberapa alasan mengapa hal itu terjadi:

  1. Komposisi metal pada perhiasan tersebut. Untuk membuat sebuah perhiasan ada beberapa logam lain yang dipakai sebagai campuran sehingga pembuatan perhiasan lebih mudah, karena karakter dari perak murni adalah sangat lembek, kurang kaku untuk dibentuk. Campuran logam lain itu biasa disebut alloy.
  2. Tubuh manusia memproduksi hydrogen sulfida, walaupun sangat kecil , zat ini akan bereaksi dengan logam yang menempel pada kulit sehingga bisa membuat perhiasan berubah warna. Namun reaksi yang terjadi tidak selalu sama antara manusia yang satu dengan manusia lainnya.
  3. Keringat juga bisa membuat membuat perhiasan berubah warna dan meninggalkan bekas hijau pada kulit.

Mari kita bahas tentang bagaimana cara merawat dan mencegah perhiasan perak menjadi berubah warna…

SIMPAN PERHIASAN PERAK DENGAN CARA YANG BENAR

Hal pertama yang harus dilakukan (sebelum mempelajari cara membersihkan perak) saat membeli kalung, gelang, cincin, atau sepasang anting perak baru adalah memastikan Anda mengetahui cara menyimpannya dengan benar. Ini adalah kunci untuk membantu mencegah noda.

Tips penyimpanan berikut akan membantu ketahanan perhiasan Anda: 

  1. Selalu simpan perhiasan perak sterling di tempat yang sejuk dan kering jauh dari kelembapan. Beberapa orang mungkin ingin menyimpan perhiasan mereka di kamar mandi sehingga mereka ingat untuk memakainya setiap hari, tetapi kelembapan dari kamar mandi dapat membuat perhiasan lebih cepat ternoda. Sebaiknya, simpan di tempat yang aman di luar kamar mandi. 
  1. Simpan perhiasan perak dalam tas perhiasan atau kotak perhiasan. Kotak yang dilapisi beludru atau bahan lembut lainnya memiliki dua tujuan: membantu menyerap kelembapan berlebih sebelum menodai perhiasan 
  1. Simpan perhiasan perak sterling jauh dari barang lain. Ini mengurangi risiko goresan, kerusakan, dan noda. Perak sterling dapat bereaksi dengan logam lain dan lebih cepat ternoda.
  1. Simpan perhiasan perak dengan strip anti noda. Menyimpan perhiasan dengan strip anti noda (potongan kertas yang menyertai perhiasan) dapat membantu mengurangi noda dan menjaga perhiasan tetap terlihat cerah.

HINDARI BAHAN KIMIA

Perawatan perhiasan gelang, cincin, kalung, dan anting perak sterling, pastikan untuk menghindari bahan kimia yang keras, karena dapat bereaksi dengan logam dan membuatnya ternoda.

Ini termasuk bahan kimia yang sering ditemukan di:

  1. Lotion
  2. Sampo dan kondisioner
  3. Sabun tangan
  4. Pembersih tangan
  5. Sabun cuci piring
  6. Parfum
  7. Minyak rambut

BERSIHKAN PERHIASAN DENGAN LEMBUT SECARA TERATUR

Pembersihan sederhana setiap hari atau setiap beberapa hari dapat membantu perak Anda tetap berkilau. Ini bisa semudah menyeka perhiasan Anda dengan kain pembersih saat Anda melepasnya di malam hari. Pembersih perhiasan perak, kain pemoles, dan pena dapat membantu Anda masuk ke setiap sudut dan celah, dan berfungsi sebagai pembersih harian yang hebat.

JAGA PERHIASAN TETAP KERING

Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan untuk mencegah perhiasan perak adalah menjaganya tetap kering, kecuali saat dibersihkan. Perubahan warna terjadi saat perak terkena elemen seperti air. Ini menciptakan reaksi kimia, yang kemudian mengubah warna logam.

Untuk mencegah hal ini terjadi, ingatlah untuk selalu melepas perhiasan Anda sebelum mandi atau mandi, berenang di kolam renang atau bak mandi air panas, dan bahkan sebelum berolahraga. Dengan menjaga perhiasan Anda tetap bersih dan kering, Anda dapat membatasi noda dan oleh karena itu tidak perlu sering membersihkan perhiasan perak Anda.

CARA MEMBERSIHKAN PERHIASAN DI RUMAH

Kiat berikut dapat membantu membatasi noda perak, tetapi tetap penting untuk membersihkannya secara teratur untuk menjaga keindahannya dan membantu perhiasan Anda selama beberapa dekade.

GUNAKAN MESIN PEMBERSIH PERHIASAN

Saat meneliti cara membersihkan kalung perak atau bagian perak lainnya, kemungkinan besar berbagai mesin pembersih perhiasan akan muncul sebagai opsi. Ada berbagai jenis, tetapi jenis yang paling umum untuk membersihkan perhiasan perak sterling adalah pembersih ultrasonik.

Pembersih perhiasan ultrasonik menggunakan gelombang suara ultrasonik untuk membersihkan perhiasan secara lembut dengan air atau larutan khusus hanya dalam beberapa menit. Mesin ini adalah pilihan yang aman untuk membersihkan perhiasan perak murni di rumah karena tidak menggunakan bahan kimia keras apa pun. Mereka mengambil ruang minimal dan dapat digunakan dengan pengaturan otomatis yang mati saat pembersihan selesai.

GUNAKAN KAIN POLES

Cara tercepat untuk membersihkan perhiasan perak sterling adalah dengan menggunakan kain pemoles yang dirancang khusus. Seperti yang kami sebutkan, menggunakan kain pemoles adalah perawatan harian yang bagus untuk membatasi noda.

BUAT CAIRAN PEMBERSIH DI RUMAH

Beberapa pembersih komersial terlalu keras dan dapat merusak perhiasan Anda. Jika perhiasan Anda perlu lebih bersih, buatlah larutan pembersih sederhana dan lembut yang dibuat dari bahan-bahan yang mungkin sudah Anda miliki di dapur!

Berikut beberapa solusi favorit kami:

Soda Kue dan Air

Campuran hebat lainnya untuk membersihkan perak murni adalah soda kue dan air.

Caranya :

Ambil sekitar dua sendok makan soda kue dan tambahkan sedikit air secara perlahan hingga menjadi pasta.

Ambil sikat gigi berbulu lembut dan bersihkan perhiasan Anda menggunakan pasta. Pengikisan yang ringan dan sangat lembut ini dapat membantu menghilangkan kotoran dan noda.

Hati-hati dan jangan menggores perhiasan Anda.

Untuk bagian halus, tambahkan lebih banyak air untuk mengencerkan pasta.

Berhati-hatilah dalam memilih cairan pembersih untuk perak murni. Beberapa pembersih komersial terlalu keras dan bisa lebih merusak perhiasan Anda.

Sabun Cuci Piring dan Air

Kami sebelumnya mengatakan bahwa Anda tidak boleh memaparkan perhiasan Anda ke air atau bahan kimia, tetapi saat membersihkan perak, sabun cuci piring yang lembut adalah salah satu pilihan terbaik Anda. Pastikan Anda menggunakan sabun cuci piring bebas amonia dan fosfat, dan bilas bersih semua sabun setelah selesai dibersihkan. Anda juga harus memastikan perhiasan Anda benar-benar kering untuk mengurangi risiko kelembapan berlebih yang dapat menyebabkan noda.

YANG HARUS DILAKUKAN…

  • Lepaskan perhiasan sebelum berenang, mandi, mencuci atau mengoleskan lotion dan parfum.
  • Poles dengan 100% katun atau kain mikrofiber.
  • Simpan setiap bagian satu per satu dalam tas lembut atau kotak bergaris.

 YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN...

Jangan memakai pembersih sembarangan. Bahan kimia yang digunakan untuk membuat produk ini dapat mengikis lapisan perhiasan yang halus.

  • Hindari kontak yang keras dengan logam lain, seperti beban tangan selama latihan.
  • Apapun dengan PH rendah (keringat, jus lemon, cuka) dapat memengaruhi umur panjang lapisan dan menyebabkan noda. Lepaskan perhiasan sebelum berolahraga, memasak, atau melakukan kegiatan membersihkan dengan menggunakan bahan kimia.

TIPS: Gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menggosok sudut dan celah dengan lembut dalam desain yang halus.

  

BERINVESTASI DALAM PERHIASAN PERAK BERKUALITAS TINGGI

Ada begitu banyak hal yang disukai tentang perhiasan perak, termasuk kenyataan bahwa perhiasan ini cocok dipasangkan dengan begitu banyak setelan, tahan lama, indah, dan terjangkau! Setelah Anda mempelajari lebih lanjut tentang cara membersihkan perhiasan perak , Anda mungkin ingin menambah koleksi Anda karena perak bersifat serbaguna dan mudah dirawat.

Untungnya, Anda tidak perlu berbelanja secara royal untuk mendapatkan perhiasan perak berkualitas tinggi yang Anda sukai. Di sini, di www.NANDUR-BALI.com , kami percaya dalam menyediakan perhiasan yang menakjubkan untuk semua orang dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk melihat koleksi lengkap perhiasan perak kami untuk menemukan aksesori favorit Anda selanjutnya.